Sabtu, 29 Agustus 2015

membuat PCB dengan printer laser

Untuk para hobby elektronika, tentunya tidak bisa dipisahkan dengan PCB untuk meletakan komponen elektronika tersebut, akan tetapi bagaimana cara membuat PCB dengan jalur yang rapih dan teratur? Pada Zaman dahulu saya membuat PCB dengan alat seadanya dengan menggunakan spidol besar waterproof dan dengan memakai pelarut PCB FerroClorit.
Pembuatan gambar PCB dengan spidol kadang tidak rapih, dan terkadang jalur terputus dikarenakan tinta spidol yang tipis dan tidak menutupi sempurna permukaan PCB, selain itu penggunaan Ferroclorit yang berwarna kuning membuat kotor lingkungan apalagi bekas pelarutan dibuang disembarang tempat.
Nah, bagaimana membuat PCB dengan hasil yang Maximal dan hasilnya tidak kalah dengan PCB toko buatan pabrik.Persiapan alat dan bahan yang dibuthkan :
Bahan :
  • PCB polos
  • HCL ( asam clorida )
  • H2O2 ( Hidrogen Peroksida )
Alat :
  • Printer Laser
  • Kertas transfer
  • Setrika pakaian
Langkah pertama adalah menggambar PCB layout pada komputer, atau apabila gambar PCB hasil download sudah berupa layout jalur PCB, anda tinggal print dengan menggunakan printer laser.
Terlebih dahulu bersihkan permukaan PCB dengan amplas lembut untuk menghilangkan kotoran dan lemak yang akan mengganggu proses pelarutan jalur.












Print gambar layout jalur PCB dengan menggunakan printer laser.
Mengapa harus menggunakan printer laser? printer laser sangat berbeda dengan printer inkjet pada umumnya, karna printer laser menggunakan tinta serbuk/toner yang sifatnya bisa menyublim dalam suhu yang cukup panas, karena sifat faktor itulah tinta toner bisa digunakan untuk membuat PCB karena gambar yang sudah diprint bisa menyublim pada suhu yang cukup panas dan bisa memindahkan gambar dari kertas transfer ke permukaan PCB.
Kertas yang digunakan untuk print adalah kertas transfer yang permukaanya licin, kalau anda tidak menemukan kertas transfer, anda bisa menggunakan bekas kertas label atau kertas bekas sticker asalkan permukaanya licin.

  • Kertas bekas label














  • Kertas bekas sticker/scotlite
















Tempelkan hasil print jalur PCB diatas permukaan PCB kemudian dipanaskan dengan setrika pakaian.















Panaskan kira-kira selama 2 menit dan biarkan sampai benar-benar dingin, sesudah dingin lepaskan kertas print dan buka secara perlahan, maka jalur PCB akan terlihat dengan sempurna































Cara melarutkan PCB :
Cara melarutkan PCB mungkin sangat berbeda dengan anda yang sering dilakukan pada umumnya, karena zat kimia yang saya gunakan yaitu dengan menggunakan HCl dan H2O2. bentuk dan warna kedua zat kimia ini berbentuk cair dan H2O2 berwarna bening dan HCl berwarna agak kekuningan, akan tetapi harus di ingat bahwa zat kimia tersebut sangat berbahaya, tentunya harus hari-hati dalam pengerjaannya.















  • sediakan tempat untuk melarutkan PCB yang terbuat dari plastik
  • Sediakan air secukupnya jangan terlalu banyak asal bisa merendam PCB yang akan di larutkan
  • Tambahkan 2tutup botol H2O2 dan 1 tutup botol HCL
  • Goyangkan larutan tersebut sampai PCB terlarut



















Keuntungan dengan pemakaian zat kimia H2O2 dan HCl adalah :
warna larutan bening, proses pelarutan sangat cepat dan tidak mengotori lingkungan
Kelemahanya tentunya zat kimia diatas sangat berbahaya jadi harus hati-hati dalam pengerjaanya, jangan terkena tangan dan harus memakai sarung tangan karet untuk keamanan.

SELAMAT MENCOBA!!!!!
kritik dan saran atau kekurangan anda bisa comment dibawah.
Untuk yang berminat memesan H2O2 dan HCl ataupun pembuatan PCB bisa pesan disini :
BB:D099FC0F
HP: 081322023489



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar