Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara program IC PIC16F84A

IC PIC16F84A adalah salah satu IC program yang biasa dipakai untuk berbagai keperluan khususnya untuk rangkaian elektronika digital misalnya Jam digital, timer, Counter, dll untuk menjalankan display 7segment ataupun LCD.
IC ini banyak dijual di pasaran dengan harga murah dan cukup terjangkau berupa IC kosong yang belum di isi program. Bagaimana cara mengisi program IC tersebut?
Cara untuk mengisi IC program tersebut yaitu dengan menggunakan software programmer dan hardware yang digunakan berupa rangkaian untuk mengisi program yang biasa disebut juga IC Programmer. IC Programmer ini banyak dijual dipasaran seperti universal programmer yang berfungsi untuk mengisi semua type IC akan tetapi harganya yang cukup mahal, ataupun IC programmer yang lebih murah yang hanya untuk mengisi satu type IC saja.
Contoh universal programmer seperti gambar dibawah ini :















Ataupun IC programmer biasa yang digunakan untuk satu type IC saja:















Yang akan kita bahas disini adalah IC programmer dengan merakit dan membuatnya sendiri, khususnya untuk memprogram IC PIC16F84A dengan biaya yang sangat murah dengan software gratis yang bisa di download.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar